Pengertian, Jenis, Cara kerja serta Kelebihan Kekurangan E-COMMERCE



PENGERTIAN
   E-Commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik menggunakan media internet yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan masyarakat.

JENIS - JENIS

1. Busines to Busines (B2B)
         Contoh : Sebuah perusahaan menyediakan solusi bagi perusahaan yang memiliki masalah dalam hal pengadaan suplai dan jasa kebutuhan bisnis. contohnya Bizzy

2. Bussines to Cunsumer (B2C)

    Contoh: produsen menjual produk ke konsumen secara online

3. Consumer to Consumer (C2C)
    Contoh: konsumen dari suatu produsen akan menjual kembali produk ke konsumen lainnya

4. Consumer to Bussines (C2B)
     Contoh: konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang ia inginkan secara online kepada para produsen. Nantinya, produsen akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan konsumen
Sumber: https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/


CARA KERJA

Dalam sebuah sistem e-commerce setidaknya terdapat 4 komponen  yang diperlukan dalam transaksi online :

1.      Store/Marketplace
2.      Penjual dan Pembeli
3.      Payment Gateway
4.      Jasa Pengiriman

Pertama adalah adanya store/marketplace yang dimana disini dijualnya barang – barang yang dibutuhkan oleh consumer. Perbedaan antara marketplace dengan store online, yaitu marketplace adalah suatu tempat di internet dimana banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli, ada yang ingin mencari suatu barang dan ada pihak lain yang sedang ingin menjual barang. Sedangkan online store adalah dimana pembeli bisa langsung memesan kepada penjual, dan bisa diartikan bahwa ini hanya satu toko yang menjual. Contoh marketplace di Indonesia saat ini adalah BukaLapak, TokoPedia dan lain sebagainya. Sedangkan contoh online store yang ada di Indonesia adalah MatahariMall, Lazada, Zalora dan lain sebagainya.

Kedua adalah penjual dan pembeli. Penjual adalah yang menjual barang / jasanya kepada konsumen, sedangkan pembeli adalah orang yang membeli barang yang dijual.

Ketiga Payment gateway adalah sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Cara kerja Payment Gateway adalah :
1.    Pelanggan ada pada website e-commerce anda dan memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa.
2.     Informasi mengenai transaksi disampaikan pada koneksi sumber payment gateway.
3.     Payment Gateway lalu meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank anda.
4.  Prosesor pembayaran meneruskan informasi transaksi ke asosiasi yang menjelaskan kartu yang digunakan adalah jenis Mastercard atau Visa.
5.   Selanjutnya bank terkait akan menerima permintaan ini dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode khusus (di sini akan terlihat apakah transaksi tersebut berhasil atau gagal).
6.  Prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan itu ke payment gateway, kemudian akan diteruskan ke website Anda serta pemegang kartu.

Keempat Pengiriman adalah bagian yang meliputi belanja online. Perusahaan ataupun penyedia jasa belanja online, harus menyediakan jasa kurir/jasa pengiriman. Contoh jasa pengiriman yang ada di Indnoesia adalah JNE, TIKI, J&T, dan lain sebagainya



KELEBIHAN

1. Kelebihan bagi organisasi
    a. Dapat memperluas pasar hingga pada taraf global/International
    b. Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan
    c. Meningkatkan Brand perusahaan
    d. Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik
    e. Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
2. Kelebihan bagi pelanggan
    a. Dapat memberikan layanan tanpa ada batasan waktu 1 x 24 jam
    b. Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
    c. Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya
    d. Dapat melakukan review komentar terkait produk
    e. Dapat memberikan informasi lebih cepat
3. Kelebihan bagi masyarakat
    a. Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
    b. Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau
    c. Dapat membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik
Sumber : http://www.nurulfikri.ac.id/index.php/id/artikel/item/667-kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce


KEKURANGAN

1.   Transaksi dan Perlindungan Konsumen. Pada bagian ini terlihat banyak orang yang takut akan penipuan yang terjadi ketika belanja online. Kartu kredit yang dapat diakses oleh tangan nakal, barang yang sampai tidak sesuai dengan keinginan atau toko yang susah dihubungi ketika konsumer telah membayar. Hal ini menjadikan hal terbesar yang membuat orang memilih tidak belanja online.

2.   Barang tidak dapat dilihat secara jelas. Ketika kita belanja online, kita hanya bisa menerka saja bagaimana barang itu. Tapi kita tidak mengetahui apakah nanti barang yang dikirim akan sama dengan barang yang ada di gambar.

3.  Terkadang harga yang ditawarkan lebih mahal dari membeli dengan datang ke tokonya langsung.

4.     Barang yang dijual kebanyakan sudah tidak bergaransi atau garansinya tidak bisa dibuktikan.

5.     Tidak mengerti cara untuk belanja online dan menurutnya tidak praktis.

6.      Proses transaksi atau pengiriman, terkadang lama.


KESIMPULAN :






Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Helpful, dont forget to visit my blog : http://elfarikabasri.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Post a Comment